Universitas Terbuka UPBJJ Batam

  • Perbesar ukuran huruf
  • Ukuran huruf bawaan asli
  • Perkecil ukuran huruf
Galat
  • Galat memuat data umpan.

Pedoman Pengelolaan Karya Ilmiah

Surel Cetak PDF

PEDOMAN PENGELOLAAN KARYA ILMIAH MAHASISWA

Kata Pengantar

Sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan dan Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945, Institusi Pendidikan Tinggi mengemban amanah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan sistem pendidikan nasional. Sementara itu, dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi ditegaskan bahwa untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi di segala bidang diperlukan pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan atau profesional yang berbudaya dan kreatif, mempunyai toleransi, demokratis, berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa.

Dalam rangka menghasilkan intelektual, ilmuawan, dan atau profesional, diterbitkanlah Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah yang mengharuskan semua lulusan perguruan tinggi di semua strata menghasilkan karya ilmiah yang dimuat dalam jurnal ilmiah. Selanjutnya untuk menjaga kualitas dan integritas lulusan diterbitkanlah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Melalui komitmen perguruan tinggi terhadap misi yang ditetapkan dalam undang-undang dan peraturan tersebut, Universitas Terbuka (UT) memberlakukan ketentuan publikasi karya ilmiah bagi calon lulusan Program Sarjana dan Pascasarjana. Untuk kelancaran penyelenggaraan karya ilmiah di lingkungan UT perlu dirumuskan sejumlah ketentuan yang dikemas dalam Pedoman Pengeloaan Karya Ilmiah Mahasiswa.

Tangerang Selatan, Desember 2012

Rektor,

 

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.

NIP. 19620401198612001


PENDAHULUAN

  1. A. Latar Belakang

Universitas Terbuka (UT) sebagai bagian integral dari pendidikan tinggi nasional mengambil peran dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan dan Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 serta Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012. Dengan mahasiswa yang tersebar di seluruh tanah air dan di beberapa negara, UT merupakan aset yang sangat potensial dalam menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan atau profesional yang memiliki integritas akademik tinggi. Dalam rangka mendukung tujuan tersebut, UT mewajibkan seluruh mahasiswa calon lulusan Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) untuk menghasilkan karya ilmiah dan mempublikasikannya sesuai Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012. Untuk membantu mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, UT menyediakan layanan pembimbingan penulisan karya ilmiah baik yang dilakukan melalui tatap muka maupun online (tuton).

  1. B. Pengertian
  2. Karya ilmiah adalah tulisan ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa calon lulusan program studi yang harus dipublikasikan melalui jurnal, baik jurnal cetak maupun jurnal online, sebagai salah satu prasyarat kelulusan.
  3. Pedoman  Pengelolaan Karya Ilmiah Mahasiswa adalah acuan yang digunakan oleh UT Pusat dan UPBJJ dalam mengelola karya ilmiah mahasiswa.
  1. C. Tujuan

Pedoman Pengelolaan Karya Ilmiah Mahasiswa dibuat untuk memberikan acuan kepada UT Pusat dan UPBJJ dalam mengelola  penulisan karya ilmiah mahasiswa sebagai bagian dari prasyarat kelulusan mahasiswa yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan.

  1. D. Ruang Lingkup

-Pedoman Pengelolaan Karya Ilmiah ini terdiri dari pendahuluan, registrasi dan pembiayaan, pembimbingan dan penilaian, penyelenggaraan, dan penutup.

REGISTRASI DAN PEMBIAYAAN

  1. Karya ilmiah adalah matakuliah wajib yang menentukan kelulusan mahasiswa dengan bobot nol (0) sks.
  2. Kode Matakuliah Karya Ilmiah:
  • Untuk program S1 FISIP, FEKON, FMIPA, dan FKIP, matakuliah karya ilmiah diberi kode sesuai dengan singkatan nama program studi diikuti angka 4560 (misalnya ADPU4560, PDGK4560, dan LUHT4560).
  • Untuk program Pascasarjana (PPs) kode karya ilmiah merupakan singkatan nama Program Studi diikuti angka 5500 (misalnya MAPU5500, EKMA5500, MMPI5500, dan MPMT5500).
  1. Registrasi karya ilmiah dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut.
  • Untuk program studi di lingkungan FKIP, mahasiswa yang melakukan registrasi PKP secara otomatis akan teregistrasi pada mata kuliah Karya Ilmiah.
  • Untuk program studi di lingkungan FEKON, FISIP, dan FMIPA, mahasiswa yang melakukan registrasi TAP secara otomatis akan teregistrasi pada mata kuliah Karya Ilmiah.
  • Untuk program studi di lingkungan Pascasarjana, mahasiswa yang membayar Paket IV secara otomatis teregistrasi TAPM dan karya ilmiah.
  1. Biaya registrasi karya ilmiah mengikuti ketentuan sebagai berikut.
  • Untuk program studi di lingkungan FKIP biaya registrasi karya ilmiah sudah termasuk dalam biaya registrasi matakuliah PKP.
  • Untuk program studi di lingkungan FEKON, FISIP, dan FMIPA biaya registrasi karya ilmiah sudah termasuk dalam biaya registrasi matakuliah TAP sesuai program studi masing-masing.
  • Untuk program studi di lingkungan Pascasarjana biaya registrasi Paket IV meliputi biaya  registrasi matakuliah TAPM dan biaya registrasi karya ilmiah.
  • Biaya registrasi karya ilmiah ulang untuk semua program studi S1 mengikuti ketentuan sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Terbuka Nomor  7592/UN31/KEP/2012 tentang Tarif Pendidikan Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana Universitas Terbuka.
  • Untuk program Pascasarjana tidak ada biaya untuk karya ilmiah ulang.
  • Bagi mahasiswa yang tidak lulus karena terkena plagiasi maka harus meregistrasi karya lmiah ulang.
  • Bagi mahasiswa Program Studi S1 yang sudah lulus matakuliah TAP/PKP namun belum memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan maka biaya registrasi karya ilmiah mengikuti ketentuan biaya registrasi karya ilmiah ulang.
  1. Biaya pembimbingan karya ilmiah:
  • Untuk semua program studi S1, biaya pembimbingan karya ilmiah sudah termasuk dalam penghitungan Uang Kuliah Tunggal (UKT).
  • Untuk program studi Pascasarjana, biaya pembimbingan karya ilmiah sudah termasuk dalam penghitungan biaya Paket IV.

PEMBIMBINGAN, MONITORING, DAN PENILAIAN

  1. A. Skema Karya Ilmiah
  2. Karya ilmiah program studi FEKON, FISIP, FMIPA, FKIP, dan PPs harus mengikuti format penulisan karya ilmiah yang sudah ditetapkan (Lihat Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FEKON, FISIP, FMIPA, dan PPs, serta Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP).
  3. Bagi mahasiswa Program Studi S1 calon lulusan yang sudah memiliki publikasi ilmiah di suatu jurnal tidak perlu menyusun karya ilmiah lagi. Untuk mendapatkan pembebasan mata kuliah Karya Ilmiah, mahasiswa harus mengirimkan jurnal yang memuat artikelnya tersebut  dalam bentuk softcopy (pdf) kepada Ketua Program Studi.
  4. Bagi mahasiswa Pascasarjana, karya ilmiah merupakan bagian dari Tugas Akhir Program Magister (TAPM); topik karya ilmiah diambil dari topik TAPM.
  1. B. Ketentuan Umum Pembimbingan Karya Ilmiah Program Studi S1
  2. Pembimbingan karya ilmiah dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dalam satu semester.
  3. Pembimbingan karya ilmiah ulang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dalam satu semester.
  4. Pembimbingan karya ilmiah dilakukan melalui modus:
  • Tatap muka
  • Online (tuton)
  1. Pembimbingan karya ilmiah bagi mahasiswa luar negeri dilakukan melalui tuton.
  2. Jumlah peserta pembimbingan per kelompok mengikuti ketentuan sebagai berikut.
    1. Untuk program studi pada FEKON, FISIP, dan FMIPA bimbingan tatap muka dilakukan terhadap minimal 20 mahasiswa/kelompok.
    2. Untuk program studi pada FKIP bimbingan tatap muka dilakukan terhadap
  • 15 orang/kelompok untuk Program Pendas
  • 8-10 orang/kelompok untuk Program NonPendas
  1. Untuk mahasiswa FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP NonPendas, apabila jumlah mahasiswa per kelompok kurang dari yang ditentukan untuk pembimbingan secara tatap muka maka secara otomatis pembimbingan dilakukan melalui tuton.
  2. Bimbingan melalui tuton dilakukan terhadap maksimal 30 mahasiswa/kelompok.
  3. Untuk pembimbingan karya ilmiah ulang secara tatap muka dilakukan terhadap minimal 10 orang/kelompok. Apabila jumlah peserta karya ilmiah ulang kurang dari 10 orang/kelompok maka disediakan pembimbingan melalui tutorial online.
  4. UPBJJ-UT harus melakukan pembentukan kelas pembimbingan Karil tatap muka  sebelum pembimbingan tatap muka dimulai dan UPBJJ-UT harus melakukan key-in kelas pembimbingan tatap muka. Apabila pembentukan kelas pembimbingan tatap muka tidak dilakukan maka mahasiswa akan dimasukkan oleh sistem ke dalam pembimbingan karya ilmiah melalui Tutorial Online.
  5. Waktu pembimbingan karya ilmiah dilakukan sesuai dengan jadwal Tutorial Tatap Muka (TTM) untuk pembimbingan tatap muka dan Tutorial Online (tuton) untuk pembimbingan melalui tuton.
  6. Karya ilmiah mahasiswa harus memperoleh tanda tangan persetujuan dari pembimbing sebelum diunggah ke aplikasi Karya Ilmiah.
  7. Kriteria Pembimbing karya ilmiah mengikuti ketentuan sebagai berikut.
  • diutamakan berpendidikan S2 atau S3.
  • latar belakang pendidikan sesuai dengan rumpun bidang ilmu
  1. C. Ketentuan Khusus Pembimbingan

1.    Pembimbingan Karya Ilmiah FEKON, FISIP, dan FMIPA

Pembimbingan karya ilmiah untuk FEKON, FISIP, dan FMIPA dikelompokkan berdasarkan rumpun bidang studi dengan mengacu pada nama jurnal online UT (lihat Lampiran: Jurnal  Online Universitas Terbuka).

2.    Pembimbingan Karya Ilmiah FKIP

  • Untuk program studi di lingkungan FKIP pembimbingan karya ilmiah secara tatap muka termasuk dalam pembimbingan PKP.
  • Pembimbingan karya ilmiah untuk FKIP Program Non Pendas dapat dilakukan lintas rumpun sesuai dengan ketentuan yang ada pada pembimbingan PKP Program Non Pendas.
  • Pembimbing karya ilmiah di lingkungan FKIP diutamakan pernah mengikuti pelatihan pembimbingan karya ilmiah atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

3.    Pembimbingan Karya Ilmiah Pascasarjana

  • Untuk program studi di bawah naungan Pascasarjana pembimbingan karya ilmiah tatap muka dilakukan bersamaan dengan  pembimbingan TAPM.
  • Kriteria pembimbing program Pascasarjana mengikuti kriteria pembimbing TAPM.
  1. D. Monitoring Pembimbingan
  2. Monitoring dilakukan untuk memastikan pembimbingan karya ilmiah terlaksana sesuai ketentuan.
  3. Monitoring dilakukan terhadap proses pembimbingan karya ilmiah baik yang dilakukan secara tatap muka maupun online (tuton).
  4. Monitoring pembimbingan karya ilmiah secara tatap muka dilakukan oleh dosen UPBJJ-UT, sedangkan supervisi pembimbingan karya ilmiah melalui tuton dilakukan oleh dosen UT Pusat.
  5. Instrumen monitoring pembimbingan karya ilmiah tatap muka menggunakan instrument TTM, sedangkan supervisi pembimbingan karya ilmiah melalui tuton menggunakan skema supervisi tuton.
  6. Untuk program Pascasarjana tidak ada monitoring pembimbingan karya ilmiah.
  1. E. Penilaian
  2. Karya ilmiah merupakan  prasyarat kelulusan namun demikian tidak ada kontribusi nilai terhadap IPK dikarenakan tidak ada penilaian dan sks dari Karil adalah 0.
  3. Karya ilmiah yang sudah dianggap layak untuk dipublikasikan dan dinyatakan tidak ada indikasi plagiasi diberi status L (lulus).
  4. Untuk mahasiswa Program Studi S1, apabila karya ilmiah terdeteksi plagiat maka mahasiswa harus menempuh karya ilmiah ulang dengan cara meregistrasikan ulang, mengulang penulisan karya ilmiah, dan mengikuti bimbingan karya ilmiah ulang pada semester berikutnya, sedangkan nilai TAP dan PKP tetap dapat diterbitkan.
  5. Untuk mahasiswa Pascasarjana, apabila karya ilmiah terdeteksi plagiat, maka mahasiswa harus mengulang penulisan karya ilmiah dan mengikuti bimbingan karya ilmiah sampai karya ilmiah yang bersangkutan dinyatakan bebas plagiat.
  6. Mahasiswa tidak dapat diyudisium  apabila belum memiliki minimal 1 (satu) karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal.

PENYELENGGARAAN

Penyediaan layanan pembimbingan dan penerbitan karya ilmiah mahasiswa menjadi tanggung jawab UT Pusat dan UPBJJ-UT, dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. A. UT Pusat
  2. Merekrut calon pembimbing karya ilmiah untuk pembimbingan yang dilakukan melalui tuton.
  3. Membuat surat tugas bagi pembimbing karya ilmiah untuk pembimbingan yang dilakukan melalui tuton.
  4. Menetapkan jadwal pembimbingan karya ilmiah yang dilakukan melalui online (tuton).
  5. Mensupervisi pembimbingan karya ilmiah yang dilakukan melalui online (tuton).
  6. Menyediakan aplikasi pengunggahan karya ilmiah dan pendeteksian plagiat.
  7. Mengelola penerbitan semua karya ilmiah dalam jurnal online UT.
  1. B. UPBJJ-UT
  2. Merekrut calon pembimbing karya ilmiah untuk pembimbingan yang dilakukan secara tatap muka.
  3. Membuat surat tugas bagi pembimbing karya ilmiah untuk pembimbingan yang dilakukan melalui tatap muka.
  4. Menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pembimbingan karya ilmiah yang dilakukan melalui tatap muka.
  5. Membentuk kelas bimbingan tatap muka.
  6. Menetapkan jadwal pembimbingan karya ilmiah yang dilakukan melalui tatap muka.
  7. Mensosialisasikan cara pengunggahan karya ilmiah secara online.
  8. Memonitor pembimbingan karya ilmiah yang dilakukan melalui tatap muka.
  9. Melaporkan pelaksanaan pembimbingan karya ilmiah ke kantor PR I.

PENUTUP

Pedoman pengelolaan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa  ini merupakan acuan bagi pengelolaan Karya Ilmiah. Hasil evaluasi terhadap pengelolaan karya ilmiah harus dijadikan masukan bagi penyempurnaan Pedoman Pengelolaan Karya Ilmiah pada masa berikutnya.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 30 Januari 2013 11:44  
Banner
Previous Month December Next Month
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
0 0 0 0 0 0 0
0 0 0 0 0 0 0
0 0 0 0 0 0 0
0 0 0 0 0 0 0
0 0 0 0 0 0 0
0 0 0 0 0 0 0
Dari mana Anda tahu tentang Universitas Terbuka?
 
Bagaimana Pelayanan UPBJJ - UT Batam?
 
Bagaimana Penilaian Anda tentang Website UT Batam?